'Makanan Generik' Dijual Di Sini : Nasi Goreng

Entertainment / 27 May 2010

Kalangan Sendiri

'Makanan Generik' Dijual Di Sini : Nasi Goreng

Lois Official Writer
5101

Nasi goreng di Indonesia merupakan makanan yang bisa dijuluki ‘makanan generik’ karena ada di mana-mana, dari rumah mentereng sampai pedagang kaki lima. Soal cita rasa tentu tergantung selera masing-masing orang.

Rumah Makan Bumen Jaya merupakan salah satu rumah makan yang melestarikan makanan turun temurun termasuk nasi goreng. Selain nasi goreng ayam, di sini juga disajikan nasi goreng kambing. Nama rumah makan sendiri diambil dari kata Kebumen, yang merupakan asal dari pemilik restoran.

Sejak 45 tahun yang lalu, sejak rumah makan ini didirikan, resep yang dipakai tidak pernah berubah. Demikian pula dengan cara memasaknya. Pengolahan masakan di rumah makan ini masih menggunakan anglo alias tungku tanah liat dengan bahan bakar arang kayu.

Nasi goreng ayamnya selain punya rasa yang enak, juga diberikan potongan daging ayam yang cukup banyak, disertai taburan emping yang melimpah. Kalau suka rasa pedas, pengunjung tinggal memintanya dan nasi goreng pun akan diberi irisan cabai rawit. Wow, mantap!

Selain nasi goreng ayam yang menjadi masakan khas Rumah Makan Bumen Jaya, mi rebus juga patut dicoba. Di sini ada yang namanya mi nyemek, diolah sama seperti mi rebus tapi kuahnya sedikit atau dalam bahasa Betawi disebut nyemek. Sama seperti nasi goreng, mi pun disajikan dengan taburan emping.

Jangan kuatir dengan mi yang dipakai. Semenjak isu boraks, rumah makan ini tidak lagi memakai mi kuning basah tapi memakai mi telur kering. Sambil menunggu pesanan datang, pengunjung bisa memesan otak-otak atau tahu pong sebagai cemilan. Seporsi otak-otak isi 10 bungkus Rp 20.000, sedangkan tahu pong 10 biji Rp. 10.000.

Di sini juga terdapat lauk tambahan yang bisa Anda pesan seperti kepala ayam, brutu (ekor) dan sayap. Setiap lauk tambahan ini Rp 3.000 per porsi. Sedangkan untuk harga nasi goreng ayam dan mi nyemek plus telur mata sapi harganya Rp 15.000 per porsi.

Selain nasi goreng ayam dan mi, di sini juga disediakan sate ayam, sate kambing, sop ayam, gule, tongseng, dan lainnya. Kunjungi Rumah Makan Bumen Jaya di Jl. Pejompongan Raya No. 6, Tanah Abang, Jakarta Pusat, di depan Gedung Pertemuan BNI’46 yang buka setiap hari pukul 12.00 – 01.00 WIB.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami